Sosok dan Fakta Tentang Raja Salman

Kunjugan Raja Arab ke Indonesia membuat masyarakat Indonesia heboh dan antusias untuk membicarakan tentangnya, bukan hanya itu, berbagai persiapan ditempat tempat yang akan ia kunjungi sedang dipersiapkan dan direnovasi, bahkan Bandara yang akan mendarat pesawat kedatangannya disebut-sebut akan ditutup sementara, begitu pula sekitar lokasi liburannya di Bali.  Tentu saja persiapan yang dilakukan oleh Pemerintah sangat matang terhadap penyambutan Raja Arab tersebut, karena kunjungan ini sangat bersejarah bagi Indonesia. Sebab, terakhir kali Raja Arab berkunjung ke Indonesia pada 1970 atau 47 tahun lalu. Kala itu yang menjadi raja Arab adalah Faisal bin Abdulaziz.

Raja Salman merupakan raja Arab Saudi ketujuh. Ia lahir pada 31 Desember 1935 di Riyadh. Ayahnya adalah Raja Abdulaziz bin Abdulrahman al- Saud dan ibunya adalah Hassa binti Ahmad al-Sudairi. Sebelum menjadi raja menggantikan saudara tirinya, Raja Abdullah bin Abdulaziz al-Saud yang wafat pada 23 Januari 2015, penerus gelar penjaga dua kota suci ini sempat menjabat sebagai Gubernur di Riyadh era 1955-1960 dan era 1963-2011. Kemudian pada November 2011, ia diangkat menjadi Menteri Pertahanan. Setelah itu ia ditetapkan sebagai Putra Mahkota pada 18 Juni 2012 dan, naik takhta pada 23 Januari 2015.

Ada beberapa fakta-fakta yang heboh dan menarik dari sosok Raja Salman tersebut pasca diangkatnya ia menjadi Raja diantaranya adalah; Raja Salman hidup di lingkungan keluarga yang disipiln dan dia sudah hafal Alquran di usia 10 tahun; Raja Salman mengumumkan bahwa tidak ada perlakuan khusus yang akan diberikan kepada Pangeran dan keluarganya, dimata hukum semua itu sama. Ia juga dikenal gencar memerangi korupsi; Pada 27 Januari 2015, Presiden AS Barack Obama dan sang istri, Michelle Obama menemui Raja Salman di istana kerajaan. Kunjungan Obama dan Michelle saat itu juga jadi pemberitaan utama media-media internasional. Sebab, Obama dan Ibu Negara AS itu tiba-tiba ditinggalkan Raja Salman setelah suara azan terdengar. Raja Salman “permisi” untuk menjalankan salat; Menurut laporan di tahun 2016, jumlah aset Raja yang berumur 81 tahun ini adalah 18 milyar dollar atau setara dengan Rp240 triliun; Sesuai tradisi, raja baru diwajibkan membagikan sebagian hartanya ke seluruh penduduk Arab Saudi. Setiap penduduk mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 62 juta.

Salman bin Abdul Aziz menikah sebanyak tiga kali. Istri pertama, Sulthanah binti Turki al-Sudairi meninggal 2011 di usia 71 tahun.  Dari pernikahan ini, Salman dikaruniai 5 orang putra dan satu orang putrid; Pangeran Fahd, Pangeran Ahmed, Pangeran Sultan, Pangeran Abdul Aziz, Pangeran Faisal, dan Putri Hussa.

Anaknya dari pernikahan keduanya dengan Sarah binti Faisal al-Subai’ai adalah Pangeran Saud. Anak-anaknya dari pernikahan ketiganya dengan Fahdah binti Falah bin Sultan al-Hithalayn adalah Pangeran Muhammad, Pangeran Turki, Pangeran Khalid, Pangeran Nayif, Pangeran Bandar, dan Pangeran Rakan.

Pangeran Fahd dan Ahmad telah meninggal karena serangan jantung. Sedang anak keduanya, Sultan bin Salman menjadi orang Arab dan anggota kerajaan pertama yang terbang ke luar angkasa, Discovery pada bulan Juni 1985.

Sultan bin Salman merupakan Ketua Saudi Commission for Tourism and Antiques (SCTA). Abdul Aziz bin Salman menjadi wakil menteri perminyakan sejak tahun 1995. Faisal bin Salman adalah gubernur provinsi Madinah. Muhammad, adalah penasehat pribadinya di kementerian pertahanan dan di Crown Prince Court. Turki bin Salman menjadi ketua Penelitian dan Marketing Group Arab Saudi sejak Februari 2013, menggantikan kakaknya Faisal bin Salman.

Diawal pengangkatannya sebagai Raja, banyak yang meragukan kemampuan Raja Salman memegang tampuk tertinggi pemerintahan Arab Saudi. Pasalnya, ia sendiri dikabarkan sakit-sakitan. Ia dikabarkan menderita penyakit alkzheimer. Inilah pula yang membuat para pengamat mengkhawatirkan timbulnya gejolak politik di Arab Saudi. Keberadaan orang yang sedang sakit parah sebagai pemimpin negera jelas bukan berita yang baik buat stabilitas politik, ekonomi, dan keamanan negara tersebut.
Share: