Siapa Sagoe Itu

Suatu hari saya berangkat kesuatu kabupaten untuk mengurus kebutuhan sebuah kegiatan di kecamatan, sebagai bentuk penghargaan dan mennghargai pemerintah setempat dalam hal ini adalah camat, maka saya menjumpai camat untuk memberikan 2 buah surat, yang pertama adalah surat pemberitahuan kegiatan dengan maksud agar kegiatan yang kami laksanakan diketahui oleh sang camat dan yang kedua adalah surat mohon membuka acara dengan maksud sang camat mau membuka acara tersebut. Kemudian kami menuju kantor camat setempat dan akhirnya berjumpa dengan sang camat, setelah proses pembicaran untuk mohon sang camat bersedia membuka acara tersebut,

Sang camat berkata "loen han loen teujeut buka acaranyo, menyo hana rekom dari bupati, tapi menyo awak droe keuh na rekom bupati nyan pasti loen buka acara"

Kemudian kami mengelak dengan mengatakan bahwa ini adalah acara tingkat kecamatan dan kami ingin camat membuka acara tersebut, tanpa harus ada rekom bupati karena ini adalah acara kecil dan dibawah kewenangan camat.

Sang camat mengatakan "menyoe han meuno mantong, bah loen musyawarah dile ngon sagoe jeut, bek sampe loen gara gara kubuka acaranyoe, ka dimutasi loem, nyoe pih tingoeh musem mutasi"

Tentu saja kami tidak menjawab, karena kami tidak mengerti apa yang dimaksud sang camat "sagoe".

Kemudian kami segera membanting setir menuju kantor bupati untuk mengurusi keinginan sang camat, tapi karena sang bupati, wakil bupati, sekda, dan asisten I yang membidangi hal tersebut tidak berada ditempat. akhirnya kami pulang kembali kebanda dengan hasil yang nihil.


Ada yang terbesit dalam hati saya sepanjang perjalanan pulang saya kebanda aceh yaitu perkataan camat "bah loen musyawarah dengan sagoe dile jeut" kata kata sagoe Tentu saja menjadi misteri buat saya, siapa sih sagoe itu, karena di banda aceh ketika saya menjumpai camat tidak pernah sang camat mengatakan musyawarah dengan sagoe, apakah sagoe itu bagian dari perangkat pemerintahan, apakah sagoe adalah sebuah jabatan pemerintah yang levelnya lebih tinggi dari camat, tentu saja kata kata "sagoe" itu masih menjadi tanda tanya di hati saya sampai saat ini.
Siapa Sagoe Itu Siapa Sagoe Itu Reviewed by Anonim on Desember 18, 2013 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.