Arab Saudi Larang Cium Tangan Selain Orang Tua

Budaya orang indonesia kental dengan ramah tamah, gotong royong, saling hormat menghormati dan bermusyarawarah itu kerap kali kita lihat dari budaya masyarakat indonesia. walaupun bangsa indonesia terdiri dari beberapa ras, budaya, serta tradisi masing masing yang sudah dipastikan berbeda. 

Berbicara soal tradisi, meskipun suku-suku di Indonesia memiliki perbedaan adat istiadat dan budaya tapi ada satu tradisi yang hampir semua suku menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu tradisi mencium tangan.

Praktik cium tangan  di Indonesia merupakan hal yang sering terjadi dan mudah kita temui sebab dengan mencium tangan berati kita menghargai dan menghormati orang tersebut.

Namun jika kamu tinggal di Arab Saudi jangan sekali sekali kamu mencium tangan orang lain selain mencium tangan orang tua kamu sendiri sebab raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz melarang praktik mencium tangan ke orang lain selain ke Orang tua. “Saya menyatakan menolak praktik ini dan meminta semua orang mengikuti apa yang saya lakukan. Mencium tangan hanya boleh dilakukan kepada orang tua sebagai bentuk penghormatan,” kata dia dalam pernyataan baru-baru ini. Sebagian orang di Arab Saudi menyatakan jika hanya orang tua dan keluarga yang sudah tua saja yang berhak di cium tangannya sementara orang di luar keluarga tidak pantas untuk di cium tangannya.


Ulama adel al-Kalbani, mantan imam besar Masjidil Haram menyatakan praktik cium tangan merupakan tradisi sufisme sebagai bentuk kesetiaan. Praktik ini juga biasa dilakukan di wilayah Hijaz dan tidak terlalu banyak berkaitan dengan kebiasaan masyarakat Saudi.
Share: