Eforia Kemewahan Pejuang Aceh


Aceh setelah adanya MOU perdamaian antara GAM dan RI pada tahun 2005 di Helsinki Firlandia tahun ini memasuki tujuh tahun, dua periode telah berganti kepemimpinan pemerintahan eksekutif, periode pertama dan kedua berasal dari mantan para pejuang aceh merdeka. Kata “sibak rukok teuk aceh merdeka” mungkin selama ini sudah tidak terdengar lagi, namun di era konflik kata-kata tersebut menjadi makna semangat perjuangan para pejuang aceh merdeka.
Memaknai kata merdeka bukan berarti bebas dari suara dentuman senjata dan tidak adanya korban berjatuhan, namun makna merdeka juga bagian dari kesejahteraan dan keadilan bagi rakyat di Negara tersebut. Semangat era konflik dan era perdamaian para tokoh pejuang aceh merdeka sudah mulai dipertanyakan, di era konflik para pejuang aceh merdeka memperjuangkan keadilan bagi rakyat aceh, tapi di era perdamaian apakah masih memperjuangkan nilai-nilai keadilan tersebut untuk rakyat aceh.
Selama dua dekade para pejuang aceh merdeka memimpin pemerintahan aceh, apa yang sudah diterima oleh rakyat aceh terhadap perubahan pembangunan kesejahteraan rakyat aceh, toh pada kenyataannya masih banyak terlihat rakyat aceh sampai saat ini yang hidup terpuruk dibawah kemiskinan, tidak sebanding dengan kenyataan ketika kita melihat banyak para mantan pejuang aceh merdeka yang hidup dalam kemewahan serba mendadak.
Eforia kemewahan yang diperlihatkan oleh para mantan pejuang aceh merdeka telah membuat rakyat menaruh rasa curiga terhadap para mantan pejuang aceh merdeka tersebut, kenapa tidak, disaat aceh dilanda krisis lapangan kerja, disaat aceh dilanda korupsi berjamaah dikalangan pemerintah sehingga membuat aceh menjadi peringkat pertama terkorup di Indonesia tapi disaat aceh pula menerima dana otsus yang berjumlah trilyunan. Mantan pejuang aceh merdeka malah memperlihatkan kemewahannya didepan rakyat aceh yang masih hidup dibawah kemiskinan.
Lalu pada siapa nantinya rakyat aceh akan menaruh harapan kesejahteraan, jika para mantan pejuang aceh merdeka tidak lagi menjadi harapan rakyat aceh. 2014 hampir tiba, pemilihan legislatif kedua setelah perdamaian pun akan dimulai. Partai politik makanakah yang akan menjadi idaman rakyat aceh. 2014 baru akan terjawab.

Share: