Sulitnya Jadi Pribadi Introvert

Perkara kepribadian manusia memang macam macam, namun hal tersebut terbagi dalam tiga istilah yaitu, Introvert, Ekstrovert dan Ambivert. Kepribadian Introvert adalah pribadi yang pendiam dan hobinya menyendiri, susah bergaul dan kurang suka dengan keramaian. Kemudian pribadi ekstrovert adalah pribadi yang hobinya bicara terus, suka ngumpul dan mudah berkawan dalam waktu singkat, sedangkan pribadi Ambivert adalah gabungan dari dua kepribadian itu, yaitu kadang kadang suka kumpul dan ngobrol dengan banyak orang, kadang pula ingin menyendiri dan mengasingkan diri. Dari ketiga kepribadian itu, pribadi yang sempurna adalah Ambivert, ia menjadi sosok yang sempurna dalam hal kepribadian karena mampu beradaptasi dengan hal dan siapa saja.

Menjadi pribadi Introvert adalah yang paling sulit, kerap kali sosok Introvert ini di cap sebagai orang sombong,  kemudian susah sekali beradaptasi dengan lingkungan baru, ia juga menjadi pribadi yang misterius, sulit ditebak, tapi dibalik itu semua, jika orang sudah dekat dengan sosok yang berkepribadian Introvert bakal mengetahui mengapa ia bersikap seperti itu dan dengan perlahan lahan orang yang dekat dengan pribadi Introvert, label sombong akan menghilang sendirinya.

Menjadi sosok Introvert memang tidak mudah, apalagi jika terus harus beradaptasi dengan lingkungan baru, sulit sekali untuk cepat akrab dengan orang yang baru, apalagi sifat pendiam yang kadang membuat orang enggan untuk mengajak bicara. Pribadi Introvert juga pemikir yang terlalu dalam pada suatu hal tindakan, sebelum ia bertindak maka ada banyal hal yang ia pikir dampak positif dan negatifnya, pikirannya terus menerawang yang kadang bagi orang ekstrovert itu gak penting banget untuk dilakuin. Tapi begitulah sifat dan kepribadian dari Introvert.

Dalam dunia politik, orang orang Introvert tentu tak banyak, karena politik adalah seni untuk beradaptasi dengan cepat, sedangkan Introvert adalah orang yang tidak mampu melakukan hal tersebut, bagi Introvert beradaptasi adalah pekerjaan terberat, tapi bukan berarti tidak ada, di Aceh Selatan misalnya ada Bupati yang saat ini menjabat yaitu Teuku Sama Indra yang memiliki kepribadian Introvert, kemudian Muzakir Manaf mantan Wakil Gubernur Aceh, tokoh politik nasional ada Anas Urbaningrum mantan Ketua Umum Partai Demokrat, mereka adalah orang orang beruntung yang berkepribadian Introvert namun berhasil berkarir dalam dunia politik. Sedangkan tokoh tokoh dunia yang berkepribadian Introvert adalah seperti Bill Gates, Albert Einstein, Mahatma Gandhi, Abraham Lincoln dan ada banyak tokoh dunia lainnya yang berkepribadian Introvert. 

Sosok berkepribadian Introvert ini adalah sosok yang lebih banyak menghabiskan waktu menyendiri, sosok ini lebih banyak mengekpresikan diri dengan tulisan dan gagasan gagasan lainnya. Sosok ini adalah pemikir yang dalam dan matang dalam berbagai hal tindakan, ketika ia ingin melakukan hal sesuatu adalah yang ia pikir efek dari itu, maka dari itu karena terlalu dalam pemikirannya, kepribadian Introvert sangat sulit untuk beradaptasi secara cepat, ia butuh waktu dan proses.

Introvert ini kerap kali dihadapkan pada lingkungan yang tidak mengenakan, karena kepribadiannya yang kerap salah diartikan oleh banyak orang, sebagai pendiam dan tidak pandai bergaul menjadi sosok introvert kerap kali terasing dalam dunia keramaian, maka seperti kegiatan pesta, konser, dan kegiatan keramaian lainnya ibarat neraka bagi seorang Introvert, karena tentunya ia tak menikmatinya sama sekali. Ramai tapi kesepian, maka tak jarang orang orang Introvert ini jika dalam kegiatan seperti itu ia terlihat murung dan tak menikmati suasananya.

Bagi sosok introvert, menemukan pasangan Ektrovert adalah harapan, karena pertemuan Introvert dan Ektrovert diharapkan mampu mencairkan suasana hidup, tak selalu dalam kekakuan, dan mampu mengisi kekurangan kepribadian Introvert. Nah,,,, pahitnya lagi, bagi sosok introvert, menemukan pasangan juga perkara yang sangat sulit, apalagi bagi seorang cowok.

Share: