Suku Mante dan Kesesatan Informasi

Beberapa minggu ini Aceh dihebohkan dengan sebuah video yang di unggah oleh para komunitas trail dengan akun fredography, video yang memperlihatkan orang telanjang lari ketika berhadap secara tidak sengaja dengan komunitas trail, kemudian sosok tersebut berlari kencang kedalam semak rumput panjang yang kemudian menghilang tanpa jejak. Para komunitas trail mengunggah di youtube dengan membuat keterangan “Jangan tanya dimana, akan tetap kami rahasiakan, bisa jadi penduduk primitif, bisa jadi penuntut ilmu hitam

Pasca di upload ke youtube video itu menjadi viral dan dikonsumsi oleh masyarakat Aceh, Nasional bahkan Internasional. Ada jutaan pertanyaan yang kemudian ditanyakan tentang dimana lokasi video tersebut direkam, bahkan tersiar kabar melalui media bahwa pemerintah membentuk tim untuk menelusuri keberadaan yang kemudian disebut sebut sebagai suku mante.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bahkan berargument dan memerintahkan untuk menelusuri suku mante. Begitu pula dengan pemerintah Aceh yang akan membentuk tim untuk menelusuri keberadaan suku mante tersebut.

Kemudian, sejak beredarnya video itu, banyak media yang mencoba memberitakan para narasumber yang mengaku sebagai saksi mata pernah melihat dan bertemu suku mante diperdalaman hutan, dari sekian banyak para sanksi mata yang diwawancarai mereka mengakui pernah bertemu dan melihat suku mante diperdalaman kabupaten Aceh Timur, Aceh Tengah, Gayo Lues dan Wilayah Leuser, tapi tidak ada yang pernah melihat dikawasan lokasi yang terekam dalam video tersebut.

Lokasi Pengambilan Video
Bungkamnya para saksi yang merekam video terhadap lokasi pengambilan video membuat isu liar, banyak orang yang mengira-ngira atau pun menduga bahwa video diambil dikawasan wilayah tengah Aceh, begitupula para narasumber yang menceritakan tentang pengalamannya bertemu suku mante.

Lintasgayo.co juga memberitakan dengan judul “Mensos Khofifah Perintahkan Penyisiran Mante di Aceh Tengah”, tapi benarkah video tersebut direkam seputaran wilayah tengah Aceh?, dugaan saya sama sekali bukan.

Sejak video itu beredar, pertama kali saya melihat, langsung teringat pada sebuah tempat yang pernah saya kunjungi, lokasi yang ada dalam video terasa sangat tidak asing bagi saya, kemudian perihal tersebut saya tanyakan kebeberapa teman saya, yang juga pernah melintasi daerah itu dan mereka juga mengiakannya, seorang sejarawan Aceh juga menuturkan lokasi yang sama dengan dugaan saya disalah satu media nasional ternama.

Melihat video dan lokasi yang saya duga sebagai tempat kejadian, maka agak sulit dipercaya sosok yang terlihat dalam video adalah “suku mante”, karena lokasi yang ada dalam video bukanlah lokasi yang terlalu terisolir, setiap hari ada mobil yang melewati kawasan tersebut untuk melakukan suatu bisnis yang entah legal atau illegal, kemudian tidak jauh dari situ juga banyak para pekerja, ditambah lagi sudah dibuat jalan yang sangat lebar dan bisa dilewati kendaraan besar serta adanya suatu objek wisata yang cukup indah, walaupun masih jarang dikunjungi karena akses jalan yang belum layak jika dikunjungi dengan mobil pribadi atau kendaraan bermotor ketika musim hujan tiba.

Jika dalam video itu benar merupakan suku mante, maka bisa jadi mante tersebut sedang tersesat atau terpisah dari rombongan lainnya, sehingga ia berada tidak terlalu jauh dengan pemukiman warga, atau bisa jadi penuntut ilmu hitam dan lainnya seperti yang tertera dalam keterangan unggahan video.

Dari berbagai penuturan saksi mata yang mengakui pernah melihat suku mante, mereka semuanya mengatakan bahwa suku mante sangat peka terhadap suara, bahkan jika sedikit ada suara atau bau manusia mereka langsung melarikan diri, kemudian sosok mante dideskripsikan sebagai orang pendek (kerdil), bahkan ada yang menyebutnya memiliki kaki terbalik.

Maka terlihat aneh jika dalam video yang diunggah tersebut merupakan suku mante, melihat posturnya juga tidak terlalu pendek seperti yang dideskripsikan para saksi mata, kemudian suara motor trail juga terdengar lumayan bising, ditambah lagi suara mesin disekitar tersebut dan orang orang yang sedang melakukan aktivitas pekerjaannya. 

Kecuali mante tersebut bermasalah dengan pendengarannya "tuli" atau tersesat.

Share: