Nektu Untuk Aceh Timur

​Nektu, nama lain dari Ridwan Abu Bakar, nama lainnya tersebut lebih dikenal oleh masyarakat Aceh Timur dibanding dengan nama pemberian orang tuanya. Bagi orang yang tidak tau dan mengenal Nektu, ketika orang mendengar dan disebut namanya pasti beranggapan orang tua atau orang dituakan, karena memang panggilan Nektu adalah orang yang dituakan dan biasanya adalah lansia. Sesungguhnya Nektu ini bukanlah orang tua, ia masih lumayan muda, nama Nektu adalah panggilan ketika ia menjadi GAM dulunya, yang semua mantan GAM ketika itu punya nama sandi atau samaran dan melekat hingga sekarang.

Nektu, ia telah dua kali dipercayakan mewakili masyarakat Aceh Timur di DPR Aceh, kemudian ia saat ini mencalonkan diri sebagai Bupati melalui jalur Independent, mantan GAM dan Mantan kader Partai Aceh ini memilih jalur independent karena tak diberikan kesempatan oleh partainya untuk maju dipilkada setelah sebelumnya juga gagal menjadi Ketua DPR Aceh yang sempat membuat heboh publik karena aksinya yang menentang keputusan partai Aceh itu diruang paripurna DPR Aceh. Pasca kejadian tersebut, hubungannya dengan partai Aceh memang terlihat lebih renggang, bahkan dalam pilkada kali ini ia akan menentang calon incumbent dari partai Aceh dan diprediksi hanya punya 2 petarung yaitu Nektu (Independent) dan Rocky (Partai Aceh) yang memiliki nama resmi Hasballah M Thaib. Meski ia Nektu terdaftar sebagai calon independent, namun ada juga partai politik yang memilih mendukung dirinya yaitu seperti partai NasDem yang kini telah memantapkan dukungannya untuk Nektu. (Baca : Potensi Aceh Timur & Kemakmuran Rakyat)

Lebaran Idul Fitri 1437H beberapa bulan lalu, saya ikut mudik kekampung nenek, yang memang aslinya adalah orang Aceh Timur dan saya pun pernah menghabiskan masa kecil sekitar 13tahun di Aceh Timur. Nama Nektu dikampung saya lebih familiar dibandingkan nama Rocky, nama Nektu bukan saja dikenal dikalangan anak muda, tapi orang tua bahkan anak anak kecil sudah sangat mengenal nama Nektu. Nektu dikenal sebagai orang yang punya kepedulian besar terhadap orang disekitarnya, ia dikenal sebagai pria dermawan, sehingga orang orang disekelilingnya tetap setia dan berpihak kepadanya.

Meski Nektu tidak lahir dikampung nenek saya, tapi ia pernah tinggal dan besar dikampung tersebut dan tepatnya disamping rumah nenek saya, sehingga namanya sangat familiar dikampung itu. Saya sendiri tidak mengenal Nektu, bahkan tidak pernah sekalipun berbicara dan bertatap muka dengannya, tapi ketika saya pulang kekampung nenek, nama Nektu selalu saja dibicarakan, bahkan para orang-orang tua acap kali menanyakan informasinya kepada saya, apalagi pasca kejadian ia mengamuk di DPR, yang dimana banyak masyarakat Aceh Timur mendukung sikap dia kala itu.

Nektu memang menjadi lawan menaktukan bagi Rocky, selain Nektu yang punya pasukan setia, militan dan siap bekerja keras memenangkan Nektu, ia juga cukup dikenal luas di Aceh Timur, mulai dari anak muda, orang tua, hingga anak anak dan sepertinya era kekuasaan Rocky sudah hilang and welcome to new Aceh Timur.
Share: