Ancaman “Gerakan Perubahan”

Gerakan adalah  aktivitas sosial berupa gerakan sejenis tindakan sekelompok yang merupakan kelompok informal yang berbentuk organisasi, berjumlah besar atau individu yang secara spesifik berfokus pada suatu isu-isu sosial atau politik dengan melaksanakan, menolak, atau mengkampanyekan sebuah perubahan sosial. Sedangkan perubahan  merupakan yang terjadi pada lembaga lembaga atau kelompok dengan mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap sosial dan pola perilaku di antara kelompok masyarakat.

Kemudian yang dimaksud perubahan sosial menurut Mac Iver Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (ekuilibrium) hubungan social. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa Gerakan Perubahan adalah suatu sikap sosial masyarakat baik individu maupun kelompok yang bertujuan untuk mempengaruhi kondisi lingkungan, apakah kemudian melalui pengambilan sikap politik maupun gerakan sosial tanpa muatan politik.

Di masa masa tahun politik seperti ini, Gerakan Perubahan menjadi ikon sebuah Partai yang memang mengusung Gerakan Perubahan, jika pun kita melakukan pencarian di google dengan mengetik keyword “Gerakan Perubahan” maka halaman utama yang akan muncul adalah “Partai Nasdem”, satu satunya partai baru yang muncul pada tahun 2014 dan menimbulkan kepanikan banyak partai partai lama akibat sebuah konsep yang cukup menarik di usung yaitu “Restorasi Indonesia”. Yang jika saat ini kita menyebut kata “Restorasi” orang pasti akan beranggapan itu adalah Partai Nasdem, kemudian didalamnya terdapat pula banyak tokoh tokoh muda meskipun diantaranya juga terdapat para pemain lama.

Slogan, Manifesto, visi dan misi serta cara cara yang dilakukan oleh Partai Nasdem telah mendapat simpati para anak muda. Yang kemudian berduyun duyun pemuda hadir dan bergabung bersama partai yang mengusung tema “Gerakan Perubahan” itu. Partai Nasdem yang kemudian dikenal dengan komunitas nya para anak muda ini telah memberikan warna tersendiri bagi politik di tanah air.

Pasca Partai ini lahir banyak hadir inovator baru, yang kemudian membawa partai ini menjadi partai yang diperhitungkan dalam bursa pemilu tahun 2014 ini. Strategi strategi yang dimainkan oleh partai ini melalui pemikiran pemikiran baru pemuda yang mayoritas tergabung dalam partai ini menjadi ancaman tersendiri bagi partai partai lama. Terlihat bagaimana peran peran pemuda di mainkan sehingga menjawab tema Gerakan Perubahan yang di usung.


Setelah pemilu april 2014 mendatang, semua Slogan, Manifesto, Visi dan Misi Gerakan Perubahan akan benar benar menjawab semua pertanyaan masyarakat. Apakah benar Gerakan Perubahan akan terjawab sebagai mana konsep Restorasi Indonesia yang di usung. Mari kita memberi harapan agar terjawab sebuah Gerakan Perubahan.
Share: